Jumat, 24 Juni 2011

Hidroterapy: Mengatasi Demam dengan Media Air

Ketika kita kecil, kita pasti ingat apa yang orang tua lakukan saat kita sedang mengalami demam, ibu kita yang tercinta akan segera bertindak dengan mengambil handuk atau sapu tangan yang telah direndam dengan air, kemudian meletakkannya diatas kening kita..., ya.., itulah dinamakan dengan istilah Kompres yang dilakukan orang tua kita dulu.
Mungkin sebagian dari kita bertanya mengapa orang kita dulu melakukan seperti itu?, ternyata apa yang orang tua kita lakukan adalah sebuah pengobatan alamiah untuk menurunkan panas tubuh dengan media air.
Perlu kita ketahui bahwa panas adalah sifat bawaan dari api, sedangkan api dapat dipadamkan dengan air, ini adalah sudah sunatullah bahwa sepanas apapun api akan dapat dipadamkan oleh air.

Macam-macam demam dan cara mengatasinya dengan kompres
1. Demam yang disertai panas tubuh
    cara mengatasi demam ini adalah dengan mengkompres tubuh dengan handuk yang telah dibasahkan dengan air dingin. biasanya hal ini dilakukan agar panas tubuh dapat disegera keluar dan diserap oleh handuk yang telah dibasahkan.

2. Demam panas dingin
   Demam yang seperti ini biasanya si penderita demam merasakan panas pada tubuhnya namun bila dipegang tubuhnya tidak terasa panas, bahkan malah terasa dingin. Hal ini terjadi karena panas tubuh tidak keluar yang disebabkan oleh kapiler-kapiler yang menyempit. Untuk mengatasi ini maka caranya adalah dengan mengkompres terlebih dahul dengan Air hangat agar kapiler-kapilernya terbuka dan panasnya keluar, setelah itu baru dikompres dengan air dingin.

Sedangkan waktu yang terbaik saat mengkompres adalah saat diantara adzan subuh dan iqamah, karena biasanya pada saat inilah panas tubuh dapat maksimal diturunkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar